empal gentong

Sejak di buka Toll Cipali, perjalanna Jakarta-Cirebon menjadi lebih singkat, efektinya 2-3 jam jika kondisi lalu lintas lancar. Kota Cirebon menjadi kota alternative pilihan setelah Bandung dalam berwisata kuliner. Tradisi makan di kota udang ini bervariasi Antara lain Sega lengko-Nasi Jamlang- Mie koclok- tahu gejrot – Docang – Bubur sop ayam dan Empal gentong.
Bagi anda yang gemar makan daging yang gurih pilihannya adalah Empal Gentong makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak dalam gentong /panci/periuk tanah liat. Daging yang digunakan adalah (jeroan)usus, babat dan daging sapi yang direbus hingga empuk. Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.20160224_093023
Selain menggunakan kayu bakar dan gentong, empal gentong disajikan menggunakan daun kucai (Chlorella sorokiniana) dan sambal berupa cabai kering giling. Sambal empal gentong ini sangatlah pedas sebab merupakan saripati cabai merah kering yang dikemudian ditumbuk. Bagi yang belum terbiasa, agar hati-hati mencobanya pasti penasarankan makan siang di kota Cirebon… segera booking i-point sesuaikan dengan berapa anggota keluarga atau rekan bisnis anda, perjalanan yang singkat dapat meningkatkan kwalitas komunikasi, i-point bekerja sepenuh hati dalam menemani anda bertransportasi. “terpercaya…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *